Kota Kebumen Beriman


Selamat datang di Kebumen.
Kebumen adalah sebuah kota kecil yang terdapat di propinsi Jawa Tengah.

Kebumen mengambil slogan "Kebumen Beriman" yaitu Kebumen bersih indah manfaat aman dan nyaman. Dengan filosofi ini diharapkan bahwa Kebumen akan menjadi tempat yang selalu bersih, indah, mempunyai manfaat yang baik buat warganya, kawasan yang aman, dan nyaman bagi warga dan setiap orang yang singgah atau menetap di Kebumen.

Secara geografis Kabupaten Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Luas area Kebumen adalah 1.281,115 km2 dengan 26 kecamatan, 449 desa dan 11 kelurahan dengan jumlah Rukun Warga (RW) sebanyak 1.930 buah dan dibagi menjadi 7.027 buah Rukun Tetangga (RT).

Bagian selatan Kabupaten Kebumen merupakan dataran rendah dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sedang pada bagian utara berupa pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu.
Di selatan daerah Gombong, terdapat rangkaian pegunungan kapur, yang membujur hingga pantai selatan. Daerah ini terdapat sejumlah gua dengan stalagtit dan stalagmit.

Batas wilayah Kebumen:
Utara : Kabupaten Banjarnegara
Barat : Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas
Selatan : Samudera Hindia
Timur : Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo

Potensi wisata alam di Kebumen :
Gua : Gua Jatijajar, Gua Petruk, Gua Pengantin
Pantai : Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Logending, Pantai Tanjung Bata dan Menganti, Pantai Karang Bolong, Pantai Bocor, Pantai Pasir, Pantai Ayah.
Waduk : Waduk Wadas Lintang, Waduk Serbaguna Sempor.
Wisata Sejarah : Benteng Van Der Wijck
Wisata Keluarga : Kolam renang "Gading Splash Water / GSW", Wisata Air Jembangan
Wisata Alam yang lainnya : Pemandian Air Panas Krakal, Arung Jeram Pedegolan

Kebumen juga menawarkan beraneka ragam kuliner khas asli Kebumen diantaranya adalah Sate Ayam Ambal, Nasi Penggel, Lanting, Jipang Kacang.
Aneka kuliner tersebut kiranya mampu memanjakan para pelancong yang singgah di Kebumen.

Dengan potensi alam yang melimpah Kebumen masih memerlukan penanganan yang lebih optimal dari tangan-tangan kreatif yang peduli akan kemajuan Kebumen.

*sumber: kebumenkab.go.id

Subscribe to receive free email updates: