Nasi Penggel

Jalan-jalan di Kebumen tak lengkap rasanya kalo tidak mencoba salah satu masakan khas Kebumen yang satu ini. Ya, Nasi Penggel adalah olahan dari nasi khas Kebumen.

 Nasi penggel adalah makanan khas Kebumen. Nasi penggel adalah nasi dengan lauk kikil dan sayur gori (nangka muda) yang dimasak dengan santan dan daun ubi. Sekilas mungkin mirip gudeg. Tapi rasanya asin,gurih dan disajikan dengan kuah yang kimplah-kimplah, banyak, sesuai selera anda.

Yang unik dari nasi penggel ini adalah bentuk nasinya yang menyerupai nasi kepal. Nasi pada nasi penggel dibentuk bulat-bulat sebesar bola ping-pong. Untuk satu porsi biasanya berisi 7 hingga 8 bulatan. Sayur gori dan kikil menjadi pasangan nasi penggel. Kikil sapi dimasak dengan bumbu kuning dan dipotong besar sebesar kikil di restoran Padang. Tapi jangan khawatir, sebab kikil direbus hingga lunak. Walhasil anda tidak akan repot saat mengkonsumsinya. Biasanya makan nasi penggel akan lebih nikmat dengan tempe mendo.  Biasanya, penjual nasi penggel menyediakan aneka lauk yang bisa dipilih, seperti tempe mendoan, tahu, telur, juga kerupuk dan rempeyek. Namun dua lauk utama nasi penggel adalah gori atau sayur nangka yang dimasak gurih dengan santan, dan juga kikil yang bertekstur kinyil-kinyil.
Nasi penggel merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas yang ada di kota Kebumen. Nasi yang sudah ada sejak tahun 70-an ini berbeda dengan makanan khas lainnya yang ada di kota Kebumen semisal soto tamanwinangun yang dapat kita temui saat sore dan malam hari, maka nasi penggel hanya dijajakan oleh para pedagang saat pagi hari saja. Sasarannya jelas, yaitu konsumen atau pelanggan yang membutuhkan sarapan pagi. Pedagang mulai membuka usahanya sekitar pukul 05.30 sampai pukul 09.00. Bahkan terkadang belum sampai pukul 09.00, pedagang nasi penggel sudah tidak dapat kita temui lagi dan jumlahnya relatif terbatas. Itulah alasannya, mengapa nasi penggel sulit ditemukan di pedagang yang menjajakan makanan.
Bagi  yang penasaran bagaimana rasanya nasi penggel, kunjungi saja alun-alun Kebumen atau depan Masjid Agung Kebumen di kawasan Tembana dan Pejagoan. Tempat tersebut merupakan lokasi utama para penjual kuliner di Kebumen. Ingat, datengnya harus pagi-pagi ke pedagang yang menjajakan nasi penggel. Dijamin kalian tidak akan rugi bangun pagi-pagi hanya untuk mencicipi nasi penggel. Rasanya lezat dan sangat khas.Semuanya disajikan hangat-hangat menjadikan rasanya memang bener-bener menggoda lidah. Ketika disantap, nasi penggel memang terasa gurih dan lezat.
 
Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam nasi penggel?

Saya akan menjelaskannya satu persatu. Mulai dari kandungan yang terdapat pada nasi putihnya, kamu pasti sudah tahu apa saja kandungannya. Nasi putih mengandung karbohidrat dengan kadar gula yang tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat. Hal tersebut tentu sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, nasi putih juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah. Sayur nangka muda(gori) mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa dan mineral. Untuk kesehatan dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi tubuh, menjaga kesehatan kulit dan masih banyak lagi.
Kikil bermanfaat untuk menambah stamina laki-laki. Selanjutnya, lauk pauk yang biasanya tersedia oleh penjaja nasi penggel adalah tahu dan tempe. Makanan sederhana dan murah ini ternyata mempunyai manfaat yang tidak sederhana. Tempe yang kita makan ini bisa mencegah timbulnya penyakit kanker dan penyakit lainnya dalam diri kita. Misalnya seperti kanker payudara, penuaan, anemia dan masih banyak lagi. Kandungan yang terdapat dalam tempe dan tahu juga berperan baik dalam pertumbuhan anak.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa hanya dengan memakan nasi penggel kita bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita. Banyak  makanan khas Indonesia yang sangat menyehatkan, harganya terjangkau dan rasanya sangat lezat. Tidak sedikit orang asing yang mencicipi masakan khas Indonesia menjadi ketagihan. Contohnya saja, sekarang rendang menjadi makanan terenak di dunia.
Jadi, tunggu apa lagi, datang dan nikmati keeksotisan Kebumen dan nikmati Nasi Penggel yang rasanya “mengguncang dunia” hehe

Sumber: dari berbagai artikel

Subscribe to receive free email updates: