SMA N1 Karanganyar

Pada waktu itu sekitar tahun 1970-an minat anak-anak Karanganyar untuk melanjutkan sekolah ke sekolah lanjutan tingkat atas atau ke SMA cukup tinggi. Namun sayangnya di Karanganyar pada saat itu belum ada sekolah menengah umum tingkat atas atau SMA, kalau anak-anak Karanganyar ingin sekolah ke SMA harus ke Gombong atau Kebumen, sebab di Karanganyar adanya baru SMEA dan STM.
Melihat kondisi seperti itu maka para tokoh masyarakat Karanganyar tergugah untuk mendirikan sekolahumum tingkat atas atau SMA agar orang tua tidak jauh-jauh menyekolahkan anaknya ke luar Karanganyar, beliau-beliau itu diantaranya Bapak Suwarso, SH ( Staf Kejaksaan Kebumen ), Bapak Sutrisno ( Wedono Karanganyar ), Bapak Ngafif, BA ( Guru SMEA Negeri Karanganyar). Pada waktu itu, mendirikan sekolah khususnya sekolah negeri tidaklah mudah, dan harus melalui pendirian sekolah swasta terlebih dahulu. Yang palig mudah mendirikan sekolah untuk cepat dapat denegerikan adalah SMA Pemda. Dan tepatnya tanggal 1 Januari 1978 berdirilah skolah SMA Pemda di Karanganyar. Untuk menarik siswa sebanyak-banyaknya, para pendiri menggunakan tenaga didiknya dari para guru SMA Negeri Gombong, SMA Negeri Kebumen dan SMEA Negeri Karanganyar.
Perkembangan SMA Pemda sangat pesat dari awal didirikan hanya 3 kelas hingga awal penegerian menjadi 7 kelas tiap angkatan atau kelas I, II dan III sebanyak 21 kelas. Pada tahun ke tujuhSMA Pemda dinegerikan tepatnya tanggal 22 November 1985dengan jumlah siswa tiap satu kelasnya rata-rata 48 dari jumlah 21 kelas.
Menyimak perjalanan SMA Negeri 1 Karanganyar tercinta ini, pada awal perjalanannya SMA Pemda menempati gedung Sekolah Dasar Negeri 4 Karanganyar, kemudian pindah ke gedung Sekolah Dasar Negeri 2 Plarangan atau sekolah yang ditempati sekarang ini, karena ada saat itu siswa SD Negeri 2 Plarangan  menyusut, kemudian digabung dengan SD Negeri 1 Plarangan. 
Hambatan yang dialami pada saat didirikannya adalah jumlah siswa tidak seimbang dengan gedung yang dimiliki sangat terbatas, sehingga siswa ada yang masuk pagi dan masuk sore.
Betiku nama-nama kepala sekolah yang pernah menjabat di era SMA Pemda :
  1. Suwarso, SH
  2. Tursimin Adi Projo, BA
  3. Drs. Suparjo
  4. Drs. Waluyono
Pada saat Drs. Waluyono menjabat kepala sekolah, SMA Pemda berubah menjadi SMA Negeri, sehingga kepala sekolah diganti oleh pemerintah. Adapun yang pernah menjabat kepala sekolah SMA Negeri Karanganyar sampai saat ini adalah :
  1. Suhadi, BA
  2. Drs. Marsudi
  3. Bambang Suryono
  4. Sakimun, BA
  5. Drs. Maryono
  6. Drs. Ngateman
  7. Drs. Karyono
  8. Drs. Redjo Giyanto
  9. Budi Hartono, S.Pd.
  10. Drs. Sugito                              

*Sumber: sman1karanganyar.sch.id/

Subscribe to receive free email updates: